Rabu, 12 Oktober 2011

Jaringan Komputerisasi Garuda Kembali Normal

PDF Print
JAKARTA– Jaringan komputerisasi bagian check in maskapai Garuda Indonesia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, yang sebelumnya sempat mengalami gangguan telah kembali normal kemarin.

Pulihnya jaringan itu sekaligus menjadikan jadwal penerbangan Garuda normal kembali. “Saat ini (penerbangannya) telah kembali normal.Memang sempat terjadi permasalahan pada jaringan, tetapi sudah berjalan lancar karena telah diperbaiki,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar seusai menghadiri jumpa pers konsep layanan Garuda Indonesia Experience di Jakarta kemarin.

Menurut Emir, PT Telkom (persero) sebagai operator telekomunikasi yang digunakan Garuda untuk jaringan di Bandara Soekarno-Hatta telah memberikan jaminan kepada perseroannya bahwa kejadian ini tidak akan terulang.“Mereka telah melihat penyebab permasalahannya dan menjamin tidak akan ada gangguan lagi,” jelas dia.

Meskipun demikian, Garuda Indonesia hingga saat ini tidak menyiapkan sistem cadangan operator lain selain Telkom jika gangguan pada jaringan kembali terulang.Pasalnya, kata Emir,operator telekomunikasi yang boleh digunakan di Bandara Soekarno-Hatta hanya perusahaan milik negara, yakni Telkom.

“Namun Telkom telah menyiapkan dedicated line yang digunakan sebagai back up (cadangan) jika tiba-tiba jaringan kembali mengalami masalah,” tambah Emir. Sebelumnya,Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau kepada seluruh maskapai penerbangan nasional untuk memiliki cadangan sistem karena memiliki peranan vital.

Hal ini terkait dengan gangguan sistem jaringan komputerisasi milik Garuda Indonesia yang mengakibatnya sekitar 80 jadwal penerbangan di-delay. “Memang tidak ada aturan keharusan. Tapi sebagai manajemen, seharusnya semua sistem harus ada back up atau cadangan apalagi sistem yang sangat vital,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S Ervan di Jakarta kemarin.

Menurut dia, regulator hanya bisa memantau tanpa memberikan sanksi tegas terkait gangguan sistem tiket elektronik di bagian check-in Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin kemarin. “Kita memantau karena itu masalah internal Garuda Indonesia. Kemenhub melihat bahwa Garuda sudah melakukan langkah perbaikan kerusakan dan dengan cepat mengatasi penanganan keterlambatan dengan penyediaan pesawat cadangan serta penanganan pelayanan penumpang,” jelasnya. heru febrianto

0 komentar:

Posting Komentar